Situs Kajian Bahasa Arab

Biografi Ismail bin Qasim bin Harun

Biografi Ismail bin Qasim bin Harun - Ismail bin Qasim bin Harun (901-967 M) lahir dan tumbuh besar di Manazjarad yang terletak di daerah Furat Timur, dekat Bahirah, Baghdad. Gelar Al-Qali di belakang namanya, karena ia sering bergaul dengan kabilah bernama Qali Qali di Baghdad. Sedangkan julukan Al-Baghdadi di tujukan oleh pendidik Andalusia kepada Ismail bin Qasim setelah ia Ismail tiba dan menetap disana. 

Karya Ismail Al-Baghdadi bernama kamus Al-Bari’, kamus pertama yang muncul di daerah Andalusia. Selain itu, ia juga menulis kitab berjudul Al-Nawadir, Al-Maqsud wa Al-mamdud wa Al-Mahmuz, semuanya tentang ilmu tatabahasa Arab. Ismail Al-Baghdadi merupakan salah satu murid Ibnu Duraid, penulis kamus Al-Jamharah. Pada awalnya, Ismail menyusun kamus Al-bari’ dengan menggunakan sistematika alfabetis khusus mengikuti pola gurunya, Ibnu Duraid. Akan tetapi, ia merasa bahwa system alfabetis khusus ala Ibnu Duraid masih minim dan karya Ibnu Duraid belum banyak diketahui dan diakui oleh para pakar bahasa lainnya. Dengan alas an ini, Ismail Al-Baghdadi bersikukuh kembali mengikuti system fonetik, walaupun system itu lebih sulit bagi pengguna kamus di Andalusia. 

Pilihan Ismail Al-Baghdadi terhadap sostem fonetik dalam kamusnya, Al-Bari’, jelas kalah tenar dengan kamus pendahulunya, Al-‘Ain. Hal itu yang membuat tidak banyak para pakar bahasa yang serius meneliti kamus Al-Bari’ tersebut, kecuali murid Ismail Al-Baghdadi sendiri, yaitu Abu Bakar Al-Zabaidi melalui karyanya, Al-Mustadrak min Al-Ziyadah fi Kitab Al-Bari’ ala Kitab Al-‘Ain (Penjelasan tentang tambahan kamus Al-Bari’ atas kamus Al-‘Ain).

Sumber : Leksikologi Bahasa Arab
Penulis  : H. R. Taufiqurrachman, M.A
0 Komentar untuk "Biografi Ismail bin Qasim bin Harun"

Back To Top