Situs Kajian Bahasa Arab

Definisi Kamus atau Mu'jam

Definisi Kamus - Kamus, dalam bahasa Arab disebut dengan istilah Al-Mu’jam atau Al-Qamus. Sedangkan pengertian kamus menurut Ahmad Abdul Ghafur atthar adalah buku yang memuat sejumlah besar kosakata bahasa yang disertai penjelasannya dan interpretasi atau penafsiran makna dari kosakata tersebut yang semua isinya disusun dengan sistematika tertentu, baik berdasarkan urutan huruf hijaiyah (lafal) atau tema (makna).

Sedangkan menurut C.L. Barnhart, definisi kamus adalah sebuah buku yang memuat kosakata pilihan yang umumnya disusun berdasarkan urutan alphabet dengan sisertai penjelasan maknanya dan dilengkapi informasi lain yang berhubungan dengan kosakata, baik penjelasan tersebut menggunakan bahasa yang Kata sama dengan kosakata yang ada maupun dengan bahasa yang lain.

Ada beberapa istilah dalam bahasa Arab yang dipakai untuk menyebut kamus, yaitu : mu’jam, qamus, fihris, mausu’ah (ensiklopedi) dan musrid (indeks, glosarium). Semua istilah tersebut mengarah kepada satu pengertian bahwasanya kamus, ensiklopedia, indeks, glosarium adalah kumpulan kosakata yang dilengkapi makna/artinya dan keterangan lain yang bertujuan untuk menjelaskan informasi yang berhubungan dengan kata-kata yang termuat di dalam daftar tersebut. Kesemua kosakata beserta maknanya disusun secara teratur, berurutan berdasarkan sistematika tertentu yang dipilih oleh penyusun kamus untuk mempermudah pengguna (user) atau pembaca dalam memahami makna daninformasi tentang kata yang dicari.

Sumber : Buku Leksikologi Bahasa Arab yang ditulis oleh H.R. Taufiqurrachman, M.A
0 Komentar untuk "Definisi Kamus atau Mu'jam"

Back To Top