Situs Kajian Bahasa Arab

Menelaah Keistimewaan Bahasa Arab

Keistimewaan Bahasa Arab - Bahasa Arab adalah Bahasa yang sangat istimewa. Sehingga Allah SWT berkenan berbicara dengan manusia menggunakan Bahasa Arab melalui Al-Qur’an. Padahal, Al-Qur’an itu tidak ditujukan untuk orang Arab saja, akan tetapi untuk seluruh umat manusia di muka bumi ini. Allah SWT bukan tidak tahu bahwa manusia terdiri dari berbagai macam bentuk dan memiliki ribuan Bahasa yang berbeda, tapi Allah ingin menyatukan manusia dengan satu Bahasa yang istimewa, yaitu Bahasa Arab.

Sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW, Allah menurunkan wahyu kepada para nabi dengan Bahasa merkeka masing-masing. Sebagaimana firmannya: “Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana”. (QS. Ibrahim: 4)
Namun khusus untuk nabi yang terakhir, Allah SWT menetapkan Bahasa Arab sebagai Bahasa yang digunakan untuk kitab suci yang terakhir pula, yaitu Al-Qur’an Al-Karim. Kemudian, Allah juga menetapkan juga cara berkomunikasi umat dengan-Nya hanya menggunakan Bahasa Arab, yaitu ketika solat. Tidak sah solat seseorang jika tidak menggunakan Bahasa Arab di dalamnya.

Tak diragukan lagi pentingnya Bahasa Arab bagi umat Islam. Ia merupakan bahasa Al-Qur'an dan hadits, dua pilar pokok dalam islam. Menurut pengarang kitab-kitab Islam Imam Syathibi, Bahasa Arab menjadi syarat yang muthlaq bagi siapa saja yang ingin berijtihad. Tanpa menguasai Bahasa Arab, ia tidak boleh melakukan ijtihad, karena didalam ijtihad diperlukan dalil-dalil dari ayat Al-Qur'an maupun hadits Nabi SAW.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat istimewa. Dan diantara keistimewaan bahasa Arab adalah ia merupakan bahasa ilmu, terutama keilmuan islam klasik. Ribuan buku-buku klasik yang diwariskan nenek moyang kita adalah berbahasa Arab. Selain itu, bahasa arab memiliki ikatan yang kuat dengan agama. Lain halnya dengan Taurat dan Injil yang kini bahasanya telah punah ditelan kemodernisasian zaman.

Bahasa Arab juga merupakan bahasa tertua didunia. Dan menduduki peringkat kelima dari 10 bahasa sebagai bahasa yang sering digunakan oleh seluruh ummat manusia didunia, yaitu dengan jumlah penutur 300 juta jiwa dengan Negara penutur antara lain : Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Niger, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Yaman, Mauritania, Senegal dan Mali.

Keistimewaan lainnya adalah ia merupakan bahasa Al-Qur'an, kitab suci umat muslim. Allah Subhanahu Wata'ala telah memilih Bahasa Arab sebagai satu-satunya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan-Nya kepada ummat manusia melalui Rasul-Nya Muhammad SAW. Sungguh istimewanya Al-Qur'an yang ditulis dengan satu bahasa, bahasa yang sangat halus, penuh makna, dan senantiasa mudah di lafadzkan dan tidak akan ada yang dapat membuat satu ayatpun yang mirip dengan Al-Qur'an. Maka al-Qur'an ini akan dijamin keutuhannya hingga akhir zaman, karena Allah SWT sendiri telah berfirman didalam Al-Qur'an yang artinya : "Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya" .

Jikalau umat muslim melafadzkan al-Qur'an dengan berbagai bahasa, tidak dapat dibayangkan bagaimana perpecahan yang terjadi antar umat manusia. Islam adalah agama penyatu, dengannya ummat manusia disatukan dalam kesatuan kebenaran. Seperti halnya kiblat, Islam memusatkan kiblat ummat muslim di ka'bah yang bertujuan untuk menyatukan ummat muslim sendiri. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwasanya diantara keistimewaan bahasa arab adalah sebagai bahasa penyatu seluruh ummat muslim di dunia.

Bahasa arab juga sebagai bahasa yang tidak pernah bosan untuk didengarkan dan dilafadzkan. Seindah apapun suatu musik atau lagu, seseorang akan mencapai satu titik kejenuhan ketika mendengarkannya. Tapi coba kita perhatikan surat al-fatihah yang setiap waktu sholat selalu diucapkan oleh jutaan ummat muslim. Mereka tidak akan pernah bosan mendengarkan atau mengucapkannya. Bahasa Arab juga memiliki keindahan sastra yang tidak akan kehilangan kekuatan materi dalam kandungannya. Sedangkan bahasa lain hanya mampu salah satunya. Kalau bahasanya indah, kandungan isinya menjadi tidak terarah. Sebaliknya, kalau isinya informatif maka penyajiannya menjadi tidak asyik diucapkan.

Keistimewaan lainnya adalah, ternyata Bahasa Arab adalah Bahasa yang paling banyak diserap. Bahkan serapan dari Bahasa Arab nyaris terdapat di hamper setiap Bahasa yang ada saat ini. Hampir Bahasa-bahasa yang kita kenal saat ini, telah banyak menyerap kosa kata atau istilah dari Bahasa Arab. Salah satunya adalah Bahasa Inggris dan tentunya Bahasa Indonesia. Survey membuktikan bahwa 15% dari Bahasa Indonesia adalah hasil serapan dari Bahasa Arab, baik masih tetap satu arti ataupun berubah dari arti sebenarnya.

Itulah sebagian kecil diantara keistimewaan bahasa Arab. Masih banyak lagi keistimewaan lain yang belum sempat disebutkan diatas.

Disamping itu semua, ternyata ada satu harapan besar yang hingga saat ini belum tercapai, yaitu menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa Internasional pertama. Dan sekarang, Bahasa Arab sendiri masih menduduki peringkat ke 6 setelah Inggris, mandarin, Jepang, Prancis, dan Belanda sebagai bahasa internasional. Untuk saat ini bahasa Internasional masih dibawah penguasaan Inggris, karena sesuai dengan fakta yang ada pengguna bahasa ini merupakan bangsa-bangsa yang memiliki satu peradaban yang maju dan diperkirakan dapat menguasai problematika dalam tingkat internasional. Suatu saat nanti, tidaklah mustahil Bahasa Arab akan menjadi bahasa internasional pertama.
2 Komentar untuk "Menelaah Keistimewaan Bahasa Arab"

Sepakat. Insya Alloh bahasa Arab kelak menjadi bahasa internasional pertama.

Back To Top