Situs Kajian Bahasa Arab

Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Gontor

Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Gontor - Sebenarnya sangat banyak kegiatan santri Pondok Gontor dalam pembelajaran bahasa Arab maupun Inggrisnya. Disini akan saya jelaskan beberapa kegiatan tersebut. Diantara kegiatan kebahasaan yang diterapkan di Pondok Modern Darussalam Gontor adalah sebagai berikut:

1. Al-muhadatsah al-yaumiyyah atau bercakap-cakap dalam bahasa arab dan inggris. 
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa pagi dan jum’at pagi, tepatnya setelah shalat subuh atau sebelum lari pagi. Setiap santri mencari pasangan bicaranya masing-masing kemudian harus berbincang-bincang dalam bahasa arab atau inggris. Sementara pengurus santri mengawasinya. Dan seluruh santri diwajibkan membawa kutaib atau buku saku yang didalamnya berisi mufradat atau kosa kata bahasa arab.

2. Al-ilqaa al-mufradaat atau penyampaian kosa kata. 
Kegiatan ini juga dilakukan pada pagi hari setelah membaca al-Qur’an. Setiap santri berkumpul perkamar, kemudian para pengurus santri menyampaikan 3 kosa kata dalam bahasa arab/inggris. Tidak hanya itu, pengurus itu harus memahamkan arti kosa kata tersebut tanpa memberi arti kosa kata itu. cukup dengan menaruhnya di dalam kalimat atau mempraktekannya jika memungkinkan. Dan pada waktu itujuga, santri harus menghafal kosa kata itu. sewaktu-waktu, pengurus akan menanyakannya, jika tidak bisa maka akan dieberi hukuman.

3. Al-khitaabah al-Minbariyah atau latihan pidato bahasa arab dan inggris. 
Latihan pidato di Pondok Gontor terbagi menjadi 3 bahasa yaitu arab, inggris dan indonesia. Pidato bahasa arab dilaksanakan pada kamis siang pukul 11.00 WIB. Pidato bahasa inggris hari ahad malam setelah isya. Pidato bahasa indonesia pada kamis malam setelah isya juga. Setiap santri akan menerima giliran pidato ketiga bahasa tersebut antara 2 minggu sekali. Dan setiap santri wajib membuat naskah pidato itu dengan tanda tangan pembimbing dan bagian pengajaran sehari sebelum ia tampil.

4. Al-insya al-Yaumiy atau membuat karangan dalam bahasa arab. 
Kegiatan ini dilakukan 2 minggu sekali. Setiri dari kelas 2-6 KMI diwajibkan membuat insya yang dikumpulkan di hari tertentu kepada ketua kelasnya masing-masing yang nantinya dikumpulkan ke bagian KMI Gontor.

5. Penyampaian pelajaran di Pondok Gontor menggunakan bahasa arab kecuali pelajaran umum. Ini bertujuan sebagai pendukung peningkatan kebahasaan khususnya bahasa arab.

Ini hanya sebagian kecil kegiatan yang dapat saya jelaskan. Jika masih penasaran, silakan kujungi Pondok Modern Darussalam Gontor secara langsung supaya lebih jelas. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel ini: Meningkatkan Bahasa Arab Dengan Media Online
0 Komentar untuk "Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Gontor"

Back To Top