Situs Kajian Bahasa Arab

Meningkatkan Bahasa Arab Melalui Media Online

Belajar Bahasa Arab ada banyak cara. Salah satu cara belajar Bahasa Arab yang efektif adalah dengan membaca artikel/berita pada media massa, baik media online atau offline. Tentu saja media online berbahasa Arab. Ada banyak situs-situs online yang dapat dijadikan rujukan, lokal ataupun internasional. Di bawah ini ada beberapa situs yang kami rekomendasikan (sepengetahuan kami) yang dapat Anda manfaatkan:


Sebenarnya masih banyak situs online yang bisa kita jadikan rujukan. Bisa dicari sendiri :). Oya, belajar dengan media online ini ditujukan bagi yang sudah bisa memahami Bahasa Arab atau setingkat intermediate. Sedangkan bagi pemula, ada metode lain yang juga menggunakan media online sebagai sarana pembelajarannya. Insha Allah akan kami sajikan di postingan selanjutnya.

Bagaimana memanfaatkan media online sebagai sarana belajar/meningkatkan Bahasa Arab? 
  1. Bacalah artikel/berita minimal 1 artikel saja setiap hari. Jika ada kata/kalimat yang kurang dipahami, tinggalkan saja sementara sampai selesai membaca satu artikel tersebut. Pahami artikel yang Anda baca dengan pemahaman secara umum. Kalau Anda tidak memahaminya secara keseluruhan, itu wajar karena kita bukan orang Arab asli :)
  2. Setelah selesai membaca, silakan Anda cari kata/kalimat yang kurang dipahami tersebut melalui kamus. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan 1 notebook untuk mencatat kata-kata baru agar tidak lupa di kemudian hari. Ingat, tulisan bagaikan hewan buruan, dan tulisan adalah pengikatnya. Agar ilmu yang kita dapat tetap terjaga, maka tulislah!
  3. Setelah ditulis, gunakan kata-kata tersebut dalam percakapan sehari-hari atau paling tidak tulis kembali kata-kata tersebut dalam sebuah tulisan Anda sendiri. Tidak usah banyak-banyak, secukupnya saja. Jadi, kata-kata baru yang kita dapatkan tidak nganggur begitu saja, ada aplikasinya. 
Mengapa media online?
  1. Alasan utama adalah karena media online sangat mudah didapatkan bagi yang memiliki akses internet. Apalagi sekarang teknologi semakin canggih, hampir semua akademisi memiliki laptop/handphone untuk mendapatkan berita secara online.
  2. Media online adalah sarana informasi yang update setiap hari. Oleh karena itu, jika kita membacanya setiap hari, bukan hanya kosa kata baru yang kita dapatkan, tapi juga kabar atau informasi baru.
  3. Waktu yang dibutuhkan relatif singkat. Dengan catatan, tidak diharuskan membaca artikel panjang. Yang terpenting adalah Anda membaca berita/artikel tersebut tanpa ada paksaan. Setengah jam insha Allah cukup.
  4. Dengan merujuk pada media online berbahasa Arab, tentu bahasa yang digunakan adalah bahasa fusha kontemporer yang jarang ditemukan pada kamus-kamus.
  5. Dalam media online terdapat banyak pilihan tema. Ada kesehatan, kesenian, teknologi dan lain sebagainya.
Masih banyak situs online yang dapat kita manfaatkan untuk pembelajaran Bahasa Arab. Demikian juga cara-cara pembelajarannya yang kami cantumkan di atas, masih bisa Anda tambahkan. Apa yang kami tuliskan ini hanya hasil pengalaman kami pribadi. Ternyata, memang media online sangat membantu kami dalam meningkatkan Bahasa Arab, khususnya dalam hal pemahaman bacaan. Wallahu a'lam bishshawab.

4 Komentar untuk "Meningkatkan Bahasa Arab Melalui Media Online"

syukran katsiran akh....semoga berkah :)

Thanks Infonya semoga bermanfaat.. Aamiin..

Back To Top